Senin, 21 November 2016

503 views

text : Endy Listiawan

foto : Endy Listiawan



ISSOM 2016 SERI 6

ISSOM 2016 SERI 6

Diawali oleh balap Mercedes-Benz Club Indonesia Race Championship (MBCIRC), ajang Indonesian Sentul Series Of Motorsport 2016 Seri 6 berlangsung seru dan meriah. Puluhan pembalap turut meramaikan balap khusus Mercedes-Benz yang diadakan di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor pada 13 November 2016 itu.

Setelah berhasil mengalahkan A. Zaki dari tim MB Landy Land, akhirnya Hari Darma Manopo yang membela tim W202 Motorsport berhasil meraih podium 1 untuk kelas FFA. Pembalap yang membesut Mercedes-Benz W202 merah bernomor 279 itu sukses meninggalkan A. Zaki sejauh 3,793 detik.

Balapan selanjutnya yaitu EURO 2000. Pada balapan khusus mobil buatan Eropa ini, Dio Oekon yang turun di kelas Promotion, berhasil menempati Pole Position secara keseluruhan. Meski berbeda kelas, namun Dio yang bernaung di tim D’Spec Pertamax Motorsport Team itu mampu meninggalkan jauh Benny Santoso dari tim Sigma Speed yang notabene turun di kelas lebih tinggi, yaitu kelas Pro. Namun akhirnya keduanya berhasil menjadi juara 1 untuk di kelasnya masing-masing.

Sementara di balap EURO 3000, Fadillah dari tim Jakarta Ban Motorsport sukses menumbangkan Dodi Saputra dari tim ABM Motorsport dan meraih podium 1 untuk kelas Pro. Namun jika ditengok dari jalannya balapan, pertarungan paling seru justru terjadi di perebutan posisi 2. Dodi Saputra harus mati-matian membendung gempuran rekan setimnya, Emmanuel Amandio, yang ketika itu berada di posisi 3. Tak jarang keduanya terlibat aksi salip-menyalip.

Yang spesial dari ISSOM 2016 Seri 6 ini yaitu digelarnya balap Formula 4 South East Asia (F4 SEA). Sejumlah pembalap muda dari berbagai negara di Asia Tenggara turut memeriahkan balap mobil formula yang bersertifikasi FIA (Federation Internationale de l’Automobile) ini.

Pembalap asal Selandia Baru, Faine Kahia, tampak mendominasi jalannya balapan yang berlangsung sejak Jumat hingga Minggu (11-13/11) itu dan keluar menjadi juara 1. Sedangkan juara 2 berhasil diraih pembalap Tanah Air, Presley Martono. Meski begitu, Presley mengaku cukup puas dengan hasil balap yang dicapainya kali.

Yang tak kalah menariknya yaitu balap Super Touring Car Championship (STCC), dimana di seri 6 ini, balapan tersebut digabung dengan balap Super Car Championship (SCC). Emmanuel Amandio yang mengendarai BMW E46 bernomor 55 itu berhasil menyentuh garis finish pertama untuk balap STCC 1 (2100-3600cc) kelas BMW 3500. Walaupun begitu, Amandio sempat terlibat pertarungan sengit dengan Dodi Saputra.

Lantas di balap SSTC 2 (1600cc-retro), Bambang Hutomo dari Jakarta Ban Motorsport mampu menungguli Ismail Ekadana dari tim Dan’s Motorsport dan keluar sebagai juara 1 di kelas Retro STC 2000. Juara 1 pun sukses diraih Alvin Bahar dari tim Honda Racing Indonesia untuk kelas STC 1600 dan Denny Pribadi di Super Car kelas B1.

Selain itu, ISSOM 2016 Seri 6 yang dimotori oleh ABM Enterprise ini juga menggelar balap Indonesian Touring Car Championship (ITCC) dan Honda Jazz Speed Challenge (HJSC) yang balapannya didominasi oleh Alvin Bahar dari tim Honda Racing Indonesia. Di sore harinya, digelarlah balap Indonesia Retro Race Championship (IRRC) dan Oldskool Racing Championship (ORC). Namun sayangnya, balapan meski berlangsung dalam kondisi cuaca hujan. Maka tak heran jika kondisi seperti ini membuat para pembalap tak mampu memacu tunggangannya secara maksimal.

Selamat buat para pemenang...!

 

Related Article

RECENT POST

LAUNCHING PAHAMI: Gairahkan Bisnis Otomotif Di Indonesia

Juga Menjadi Ajang Tukar Informasi Seputar Bisnis Otomotif

KW SUSPENSION VARIANT 4 HADIR DI ESSEN MOTORSHOW

Coilover Mutakhir Ini Diciptakan Khusus Untuk Sport Dan Supercar

10 FAKTA MENARIK PORSCHE MDA 2016

Ini Yang Perlu Elu Ketahui Tentang Porsche Media Driving Academy