Selasa, 29 November 2016

515 views

text : Richard Samuel

foto : Dok. MOTORFREAKZ



F1: Sauber F1 Team Raih Point Pertama Musim 2016

F1: Sauber F1 Team Raih Point Pertama Musim 2016

Setelah mengalami awal musim yang sulit baik dari segi performa maupun finansial, tim independen F1 asal Swiss – Sauber harus berjuang keras untuk meraih point pertama mereka di musim ini. Sauber bahkan harus rela dilewati tim debutan seperti Manor Racing yang lebih dulu meraih point pertama di GP Austria 2016 lalu. Satu per satu permasalahan Sauber berhasil diatasi secara perlahan mulai dari masalah finansial tim dimana Sauber kini dimiliki oleh Longbow Finance – sebuah perusahaan finansial asal Swiss.

Tahap berikutnya adalah memperbaiki performa yang terlihat pada paruh musim kedua ini. Pada paruh pertama musim 2016 Sauber harus mengatasi problem pada sasis dan juga aerodinamika mobil C35 nya sehingga harus tertinggal dari para rivalnya. Perbaikan performa tim Sauber mulai terlihat di paruh musim kedua salah satunya di balapan GP Malaysia dan GP Meksiko 2016 dimana Sauber nyaris berhasil meraih point. Sauber akhirnya berhasil meraih point pertama mereka pada balapan GP Brazil 2016 dimana Felipe Nasr berhasil membawa mobil Sauber C35 nya di posisi ke-9.

Dua point yang diraih oleh tim Sauber membuat mereka naik ke posisi ke-10 klasemen konstruktor musim 2016 melewati Manor Racing yang sebelumnya berada di atas mereka. Hasil GP Brazil 2016 mengangkat kembali moral tim yang sebelumnya pesimis bisa meraih point di musim ini seperti hal nya pada musim balap 2014 lalu dimana untuk pertama kalinya dalam perjalanan tim Sauber mereka gagal meraih satu point pun.

Untuk strategi musim 2017 kemungkinan besar tim Sauber akan mempertahankan susunan pembalapnya di musim 2017. Marcus Ericsson telah lebih dulu dikonfirmasi oleh tim Sauber akan kembali membela tim asal Hinwill, Swiss tersebut di musim depan. Sementara rekan setimnya – Felipe Nasr belum dikonfirmasi namun kemungkinan besar akan bertahan mengingat ia adalah satu-satunya wakil Brazil di F1 menyusul pensiunnya Felipe Massa dari F1 di akhir musim ini.

Strategi lainnya adalah pengembangan sasis baru sesuai regulasi teknis tahun 2017 tentu akan diadopsi oleh mereka selain itu pasokan mesin Ferrari masih akan menjadi amunisi tim Sauber untuk urusan dapur pacu mereka.

Related Article

RECENT POST

LAUNCHING PAHAMI: Gairahkan Bisnis Otomotif Di Indonesia

Juga Menjadi Ajang Tukar Informasi Seputar Bisnis Otomotif

KW SUSPENSION VARIANT 4 HADIR DI ESSEN MOTORSHOW

Coilover Mutakhir Ini Diciptakan Khusus Untuk Sport Dan Supercar

10 FAKTA MENARIK PORSCHE MDA 2016

Ini Yang Perlu Elu Ketahui Tentang Porsche Media Driving Academy