Rabu, 30 November 2016

1443 views

text : Endy Listiawan

foto : Endy Listiawan



BMW 520i 1994: Easy Concept

BMW 520i 1994: Easy Concept

Dengan maksud ingin tetap mempertahankan bentuk aslinya, maka Ronny Eduard memodifikasi BMW 520i E34 Vanos miliknya sesimpel mungkin tapi tetep enak dipandang sebagai sebuah mobil modifikasi. Coba saja perhatikan baik-baik detilnya. “Konsep yang gw aplikasiin ke mobil ini sih sebenernya biar kelihatan enak dipandang aja. Jadi bukan yang harus kencang atau gimana gitu,” buka Ronny.

Konsentrasi utama Ronny dalam memodifikasi sedan Jerman berkulit putih ini terletak pada sisi kaki-kakinya. Lihat saja, dibagian ini Ronny membenamkan 1 set velg lebar bermerk Hamann diameter 18 inci yang kemudian dibekap karet bundar Achilles. Ketika dikonfirmasi oleh Motorfreakz.com, pria ber-tattoo itu menyebutkan bahwa dirinya memilih velg itu lantaran motif palangnya yang sangat sesuai dengan gaya modifikasi yang dianutnya.

Begitu juga bagian penopangnya alias suspensinya pun Ronny ogah ribet tapi tetap aman dan nyaman saat dikemudikan. 1 set sokbreker Eibach diyakininya bisa memenuhi syarat tersebut. Sementara supaya bisa mendapatkan fitment yang pas, per keempat roda Bimmer kelahiran 1994 ini mesti diamputasi. Untuk roda depan dipotong sekitar 2,5 ulir, sedangkan roda belakang sebanyak 3,5 ulir.

“Untuk sokbrekernya sih gw cuma pake Eibach dan pernya juga standar tapi gw potong. Jumlah ulir yang gw potong, depan sama belakang beda. Yang depan gw potong sekitar 2,5 ulir, terus kalo yang belakang gw potong lebih banyak sekitar 3,5 ulir,” ucap pria asal Bekasi ini.

Beres soal kaki-kaki, kini saatnya berlanjut ke sektor eksterior. Berdasarkan alasan yang sudah diutarakan diawal artikel tadi, maka tak heran kalau sisi eksterior BMW yang satu ini hampir tidak mendapatkan sentuhan modifikasi sedikitpun. Menurut Ronny, tampilan eksterior mobil ini masih cukup bagus dan terawat sejak pertama kali dibelinya sekitar setahun yang lalu. Tapi biar kelihatan lebih ‘eyecatching’, Ronny cukup memolesnya saja sampai benar-benar kinclong.

“Untuk eksterior sih gak gw apa-apain ya. Abis catnya masih bagus ya, dan lagian mobil ini juga jarang gw pake sih. Paling keluarnya kalo pas ada kontes mobil modifikasi aja. Jadi untuk bodinya cuma gw poles-poles aja sih,” tutur Ronny.

Tidak jauh berbeda dengan mesinnya. Di bagian ini pun Ronny tidak melakukan modifikasi sedikitpun. Cukup dibersihkan seluruh bagiannya saja. Ini dilakukan demi menyesuaikan konsep modifikasi yang dipilih Ronny sejak awal. “Mesinnya juga standar aja kok. Paling cuma gw bersih-bersihin aja biar kelihatan rapi. Karena untuk mobil ini gw ogah diapa-apain mesinnya. Standar aja udah cukup,” dalih Ronny.

Terakhir sektor interior. Nah...yang spesial dari mobil ini terletak pada bagian kabinnya. Kenapa spesial? Karena bahan pelapis interior E34 milik Ronny ini bukan terbuat dari kulit, seperti pada kebanyakan BMW 520i E34. Meski begitu, Ronny merasa masih ada yang kurang pas. Makanya bagian lingkar kemudi alias setir diganti dengan yang berlabel Momo. Selanjutnya demi memanjakan telinga, Ronny mengaplikasikan Gramond subwoofer dan Becker power amplifier.

“Setir sengaja gw ganti yang model seperti ini karna kelihatannya lebih bagus, bahannya juga kulit, dan dipakainya juga enak. Bagian interior yang lainnya sih sengaja gw biarin standar karena masih terawat banget. Lagian BMW varian ini yang pelapis interiornya berbahan non kulit itu cukup langka,” ucap Ronny seraya mengakhiri sesi wawancara.

Bravo...!

RUMAH MODIFIKASI

- RDM Motor. Alamat : Bambu Apus, Jakarta Timur.

SPESIFIKASI

Hamann rims (Front : 18x9,5 inch. Rear : 18x11,5 inch), Achilles tyres (Front : 215/40R18. Rear : 225/40R18), Eibach shockbreaker (front-rear), Custom spring (front-rear), Momo steering wheel, Gramond subwoofer, Becker power amplifier.

Related Article

RECENT POST

LAUNCHING PAHAMI: Gairahkan Bisnis Otomotif Di Indonesia

Juga Menjadi Ajang Tukar Informasi Seputar Bisnis Otomotif

KW SUSPENSION VARIANT 4 HADIR DI ESSEN MOTORSHOW

Coilover Mutakhir Ini Diciptakan Khusus Untuk Sport Dan Supercar

10 FAKTA MENARIK PORSCHE MDA 2016

Ini Yang Perlu Elu Ketahui Tentang Porsche Media Driving Academy