Rabu, 07 Desember 2016

856 views

text : Rudy Ghupta

foto : Porsche



LEVEL KELAS MENGEMUDI ALA PORSCHE - Part 3: Elite

LEVEL KELAS MENGEMUDI ALA PORSCHE - Part 3: Elite

Ini adalah driving course tertinggi di PMDA. Materinya bukan sekadar untuk meningkatkan skill mengemudi saja, tapi mengajarkan bagaimana komunikasi terjadi antara mobil dan pengemudinya. Itu sangat penting karena bukan hanya soal keselamatan saja, lebih juga juga peserta bakal merasakan kesenangan berkendara.

Program Elite dirancang untuk pengemudi yang telah berpengalaman dan ditujukan lebih untuk meningkatkan kemampuan mendekati level pembalap professional. Peserta  diajarkan beberapa teknik mengemudi yang mendukung di lintasan balap untuk benar-benar merasakan performa maksimal dari mobil-mobil Porsche seperti trail braking, throttle steering, juga hot lap bebas.

Dalam teknik trail braking, peserta diajari menghadapi tikungan dengan cara melakukan pengereman sebelum dan saat berbelok, dan berusaha secepatnya keluar dari tikungan. Deselerasi yang dilakukan tujuannya untuk memanfaatkan sebagian besar traksi di roda depan untuk menikung dengan kecepatan tinggi.

Maka driver harus sangat halus melakukan pengereman dan menginjak pedal gas untuk menghindari oversteering dan understeering, dengan menyeimbangkan traksi di keempat roda. Dengan begitu maka racing line yang baik bakal didapat dengan mudah.

Lantas teknik yang dipelajari berikutnya adalah throttle steering. Sesuai namanya, peserta diharuskan bisa “mengemudi” dengan pedal akselerasi. Caranya adalah ketika menghadapi tikungan tajam, pedal rem dipijak dengan keras sebelum mulai berbelok untuk dapat traksi.

Lalu lepas rem seraya membelokknya setir, dan arahkan ke apex untuk mengikuti racing line yang benar dengan mengatur pijakan pedal gas. Saat berakselerasi harus dilakukan dengan smooth, untuk menghindari mobil terpelintir.

Nah, yang paling menarik, hot lap untuk kelas Elite dilakukan one by one. Artinya, instruktur ikut semobil sebagai penumpang, dan peserta dibiarkan mengekplorasi sirkuit Sepang dengan menerapkan ilmu yang didapat sebelumnya. Instruktur akan sekali-kali mengoreksi kesalahan dengan memberi panduan yang benar.

Related Article

RECENT POST

LAUNCHING PAHAMI: Gairahkan Bisnis Otomotif Di Indonesia

Juga Menjadi Ajang Tukar Informasi Seputar Bisnis Otomotif

KW SUSPENSION VARIANT 4 HADIR DI ESSEN MOTORSHOW

Coilover Mutakhir Ini Diciptakan Khusus Untuk Sport Dan Supercar

10 FAKTA MENARIK PORSCHE MDA 2016

Ini Yang Perlu Elu Ketahui Tentang Porsche Media Driving Academy