Selasa, 20 Desember 2016

1844 views

text : Endy Listiawan

foto : Endy Listiawan



HONDA CIVIC ESTILO 1994: One Of The Best

HONDA CIVIC ESTILO 1994: One Of The Best

Diantara sekian banyak yang beredar di Indonesia, khususnya Jabodetabek, Honda Civic Estilo milik Syarel Titaley ini mungkin bisa dikatakan sebagai salah satu yang terbaik untuk kondisi secara fisik. Di beberapa detail, hatchback berdarah Jepang ini memang sangat baik dan terawat. Tapi kondisi itu masih belum sepenuhnya sesuai dengan impian Syarel. Makanya di beberapa sektor, Honda Civic Estilo lansiran 1994 ini mengalami perombakan. Yuk, kita tengok apa saja itu.

Sektor eksterior sengaja dibiarkan standar seperti bawaan pabrik oleh Syarel. Bukan tanpa alasan, tapi ini sengaja dilakukan demi mengedepankan sisi ‘Safety’ alias aman dalam berkemudi. “Ya seperti biasanya, gaya modifikasi yang gw anut di Estilo ini yaitu Sleeper. Karena gw seneng sama mobil yang bentuknya masih standar original banget, gak terlalu banyak ngerubah eksteriornya, sehingga bisa tetap safety juga, tapi jangan coba-coba di gas di jalan tol. Hahahaha.....,” ujar Syarel kepada Motorfreakz.com.

Nah, kalimat terakhir yang diucapkan Syarel mungkin ada benarnya. Tuh, coba saja intip apa yang tersembunyi dibalik kap mesinnya. Segelondong mesin berkode D16Z6 dan berkepala silinder VTEC P08 dijebloskan ke ruang mesin Civic Estilo yang dibeli Syarel sekitar 5 tahun silam ini. Tapi Syarel masih belum puas. Piston berdiameter gambot milik mobil bermerk Daihatsu pun disusupkan kedalamnya. Dengan begitu kapasitas mesin jadi bengkak hingga menjadi 1.800 cc.

“Ini mobil mesinnya udah pake mesin D16Z6 dan head cylinder-nya pake yang VTEC P08 mas. Kapasitasnya juga udah naik jadi 1.800 cc karena udah pake piston Daihatsu. Gw sengaja gak pake mesin B Series karena memang gw sukanya begitu,” tutur Syarel.

Setelah kapasitas mesin melonjak, tentunya bagian lain wajib diselaraskan demi mengoptimalkan performa mesin. Makanya...kruk as dan flywheel pun di balance ulang, per klep Mugen, ECU yang bisa dikatakan sebagai otaknya mesin ikutan diganti dan di remap ulang, dan kemudian diakhiri dengan proses Porting And Polish. Terus biar gas sisa pembakaran terbuang dengan lancar, exhaust system pun dirombak total dan dikawinkan dengan HKS Jasma Medium sebagai muffler-nya.

Nuansa modifikasi ala Sleeper makin kentara ketika dilihat dari sektor kaki-kaki. Pasalnya, Civic Estilo ini mengadopsi velg standar Civic SiR yang berdiameter 15 inci tapi berbobot ringan, serta dipadu dengan per standar Civic SiR dan sokbreker Bilstein yang tingkat kekenyalannya cukup mumpuni ketika hatchback Jepang ini tengah meluncur kencang. Biar makin stabil, Syarel menancapkan sebilah strubar custom untuk roda depan dan swaybar Beaks buat di roda belakang.

“Orang bengkel gw kan udah mengkalkulasi antara kapasitas mesin dengan bobot mobil. Nah, gw sengaja pake velg Civic Ferio SiR ini karena sangat enteng, jadi gak memberatkan mesin. Terus biar bantingannya gak terlalu keras dan gak terlalu empuk juga, per gw pake punya Civic Ferio SiR Mugen juga tapi sokbrekernya gw pake punya Bilstein,” sebut Syarel.

Lantas demi menyesuaikan tema modifikasi yang dianut dan juga velg yang diaplikasikan, maka beberapa bagian interior diganti dengan milik Honda Civic Estilo versi luar negeri. Sebut saja seperti jok depan, dashboard, speedometer, dan panel indikator lainnya. Tapi demi mengeluarkan nuansa sporty, setir asli dipensiunkan dan kemudian diganti dengan setir yang berlabel Nardi Torino.

“Buat interiornya sih gak banyak perubahan ya. Karena biar sesuai sama tema modifikasinya. Paling gw cuma ganti jok depan dan bagian depan interior pake punya Civic Estilo yang di luar negeri aja. Joknya sengaja gw gak pake Recaro atau semacamnya, karena gw rasa gak sesuai aja dan biar gak kelihatan terlalu mencolok juga. Hahahaha......,” tutup Syarel.

 

RUMAH MODIFIKASI

- Ricks Motor. Alamat : Kramat Lontar, Jakarta Pusat.

 

SPESIFIKASI

D16Z6 VTEC P08 1.800cc engine, Daihatsu pistons, B Series throttle body, Mugen valve spring, Blue Thunder spark wire, MSD Blaster SS coil, remap Spoon ECU, APEXi open filter, custom exhaust system, HKS Jasma Medium muffler, 15 inch OEM Honda Civic SiR rims, Accelera tyres (Front & rear : 195/55R15), OEM Honda Civic SiR springs, Bilstein shockbreaker, custom strutbar, Beaks swaybar, OEM Honda Civic SiR front seats, OEM Honda Civic SiR dashboard, OEM Honda Civic SiR indicator panels and speedometer, Nardi Torino steering wheel.

Related Article

RECENT POST

LAUNCHING PAHAMI: Gairahkan Bisnis Otomotif Di Indonesia

Juga Menjadi Ajang Tukar Informasi Seputar Bisnis Otomotif

KW SUSPENSION VARIANT 4 HADIR DI ESSEN MOTORSHOW

Coilover Mutakhir Ini Diciptakan Khusus Untuk Sport Dan Supercar

10 FAKTA MENARIK PORSCHE MDA 2016

Ini Yang Perlu Elu Ketahui Tentang Porsche Media Driving Academy